Abiazmi’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Terima Kasih , Guru Ngaji !

Dalam kehidupan ini, banyak yang berjasa kepada kita, diantaranya Guru Ngaji. Orang tua sering memperlihatkan kepada anaknya perlakuan hormat kepada Guru Ngaji, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mereka sangat berterimakasih kepada Guru Ngaji, disamping karena sudah mendidik anaknya dengan ilmu pengetahuan agama dengan tulus, juga orang tua tidak dipusingkan dengan berbagai tuntutan biaya ,tidak seperti halnya diperiksa dokter, atau masuk rumah sakit, atau masuk kursus-kursus. Diperiksa dokter minimal harus mempunyai dana Rp. 30.000,-, biaya rumah sakit , mengikuti kursus juga begitu. Padahal masuk jadi peserta pengajian , gratis , tidak usah bayar, waktunya boleh memilih, mau pagi,siang, atau malam Guru Ngaji selalu melayani. Biasanya mereka tidak mempunyai pekerjaan tetap, kecuali mengajar ngaji. Adapun untuk keperluan sehari-harinya mereka mencari serampangan sesuai dengan kemampuannya, ada yang sambil tani, ada sambil bisnis kecil-kecilan, ada yang berdagang kecil-kecilan, atau ada juga yang ngasih amplop jika sudah jadi khotib, memimpin tahlilan, mimpin do’a di acara-acara pemerintahan, memberikan obat dengan air do’a , atau jika sudah mengungurkan mayyit dsb. Ada saja, sekalipun jauh dari cukup. Mereka senang dengan pekerjaannya itu.
Guru Ngaji juga, sangat berjasa kepada negara, mereka telah berpartisipasi mencerdaskan anak bangsanya dalam kematangan emosional dan spritualnya. Tidak sedikit, yang jebolan peserta pengajian di pesantren, aluminya menjadi tokoh masyarakat bahkan ada yang jadi pengusaha sukses atau menjadi Kepala Desa, bahkan Gus Dur malah jadi Presiden dsb.
Apakah pemerintah tidak tertarik dengan jasa-jasa Guru Ngaji? Dengan memberikan sesuatu seperti halnya diberikan kepada guru Honorer, atau apalagi guru PNS.
Nampaknya ke depan pemeritah bisa menyisihkan dari dana pendidikan untuk mereka. Mereka akan senang, akan menerimanya dengan kegembiraan, sebagaimana mereka senang juga membayar pajak setiap tahunnya.
Semoga, ada perkembangan yang baik untuk mereka.

Belum Ada Tanggapan to “Terima Kasih , Guru Ngaji !”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: