Abiazmi’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Bisa Karena Biasa

Pendidikan berlaku sepanjang jaman, selama semua manusia mengakui peradabannya. Pendidikan berlaku untuk semua umur manusia, tidak ada yang  dikecualikan. Pendidikan berlaku sampai manusia tutup usia. Tidak ada waktu yang terlepas dari perhatian pendidikan. Pendidikan sangat dibutuhkan  dalam setiap melaksanakan kegiatan dalam mengarungi kehidupan. Betapa pentingnya pendidikan.

Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh lingkungannya, baik yang sengaja maupun yang tidak disengaja, baik yang dekat maupun yang jauh, baik terasa atau yang tidak terasa.Semua yang  dilihat dan dirasakan mengandung unsur pendidikan.  Semuanya mempengaruhi keberhasilan pendidikannya.

Semua yang sering terjadi, yang dirasakan atau yang tidak dirasakan , yang sengaja atau yang tidak sengaja semuanya menjadi kebiasaan. Jika sudah menjadi kebiasaan akan mempengaruhinya menjadi pengatahuan, watak, karakter, sifat, jiwa seseorang. Ada peribahasa “Bisa karena biasa”.

Sesuatu yang terus menerus dilakukan dengan metoda dan materi yang sama, akan menjadi pengetahuannya dalam melaksanakan sesuatu tersebut. Seorang anak, sejak usia dini melakukan sesuatu atau belajar terus menerus dengan materi dan metoda yang sama, maka akan mudah melakukan materi tersebut. Kegiatan yang terus menerus tersebut akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan akan mejadikan bisa yang dibiasakan. Sekalipun dengan apapun jika tidak biasa tidak akan bisa. Kecuali ada hal-hal yang diluar dugaan.

Sejak kecil dibiasakan berprilaku baik, akan terbiasa melakukan prilaku baik tersebut. Sejak kecil dibiasakan melaksanakan ibadah, akan terbiasa melakukan ibadah . Apa saja yang dibiasakan maka akan jadi biasa untuk selanjutnya.

Selanjutnya , kebiasaan -kebiasaan tersebut sangat dipengaruhi juga oleh lingkungannya. Lingkungannya membiasakan berprilaku jelek, jangan disalahkan generasinya menjadi jelek. dan seterusnya.

Pendidkian sangat membutuhkan ketauladanan. Suatu negara yang menginginkan warga negaranya baik, harus didahului oleh para pemimpinnya berprilaku baik. Bagaimana para pengikut akan dapat membiasakan prilaku baik jika semua yang diikutinya tidak menjadi  tauladan. Sudah barang tentu,  untuk memimlih pemimpin suatu negara atau suatu daerah, atau suatu lingkungan rumah tangga harus mempunyai kriteria pemimpin yang bisa ditauladani.

Pemimpin yang mempunyai kriteria bisa tauladani itu, diawali oleh kebiasaan-kebiasan baik yang mereka kerjakan sejak kecil sampai sekarang yang akan memimpin.

Untuk menelorkan para pemimpin yang mempunyai kepribadian yang baik sangat dibutuhkan lingkungan pendidikan yang baik. Lingkungan penmdidikan yang baik terwujud , jika dikelola oleh para pendidik yang baik. Nampaknya pemerintah sangat terdesak untuk menelorkan para generasi pendidk yang baik agar menelorkan generasi bangsa yang baik. Generasi yang baik menjadi calon pemimpin untuk masa depan, menuju “baldatun thoyyibatun warobbun ghofur”. Amiin.

Satu Tanggapan to “Bisa Karena Biasa”

  1. nice post bos😆


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: