Abiazmi’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Cara Mengajar Baca Qur’an untuk Remaja

Tidak sedikit Remaja belum bisa membaca huruf  Al Qur’an. Ada beberapa methoda baca huruf  al Qur’an, diantaranya Methoda Iqro.  Methoda ini baik untuk digunakan,  sebagaimana halnya saya telah pernah mencoba menerapkannya kepada para remaja, ternyata berhasil .  Adapun langkah-langkah sebagai berikut: Setiap pertemuan dimulai dengan membaca doa kerelaan disertai terjemahnya dan diakhiri dengan do’a akhir majlis. Langkah selanjutnya , sebagai berikut :

  • Murobbi (pembimbing) berhadapan dengan peserta didik, menginformasi contoh bacaan dengan jelas , tegas, sesuai dengan makhrojnya huruf yang terletak paling atas pada setiap halamannya. Peserta didik membacakannya comtoh bacaan tersebut. Jika bacaan yang dicontohkannya sudah benar, murobbi melanjutkan pada baris selanjutnya dengan hanya menunjukkan huruf yang harus dibaca oleh peserta didik.
  • Murobbi memperhatikan dengan seksama,jika ada bacaan yang salah, murobbi tidak usah langsung memberi tahu perbaikannya, tapi diberi titian ingatan dengan mengingatkan bacaan yang dicontohkan. Jika benar-benar lupa baru murobbi mencontohkan lagi bacaan yang lupa tersebut.
  • Halaman yang telah dibaca tidak usah diulangi dibaca. Materinya dilanjutkan sesuai dengan urutan halamannya.
  • Bagi peserta didik  yang sudah memahami iqro jilid 1 dilanjutkan iqro jilid 2 dan selanjutnya. Artinya , tidak harus selalu memulai  belajar dari iqro 1 ‘ boleh diloncat jika sudah menguasai.
  • Cara membacanya boleh terputus-putus, tidak harus disambungkan. Hal ini, berguna untuk ketepatan bacaan makhroj dan panjang – pendeknya.
  • Setiap ada keterangan bacaan  pada setiap halaman, murobbi menginformasikannya, agar peserta didik lebih memahami bacaan yang akan dibaca selanjutnya.
  • Murobbi mengulangi beberapa contoh bacaan yang sulit. Dan boleh mengingatkan contoh bacaan yang diulang-ulang itu pada halaman selanjtnya.
  • Materi ilmu tajwid dan teori lagu belum waktunya disampaikan , karena dengan sendirinya comtoh bacaan yang benar itu akan sesuai dengan materi ilmu tajwid. Adapun teori itu bisa disampaikan jika sudah paham membacanya.
  • Setelah iqro 1 sampai iqro 6 selesai dibacanya, dialanjutkan pada membaca Al Qur’an Surat ke -1 sampai dengan khatam.
  • Murobbi menunjukkan huruf pada kitab al Qur’an , peserta didik membacanya boleh dengan terbata-bata atau terputus-putus. Cara tersebut dilaksanakan sampai peserta didik benar-benar lancar membacanya.

Satu Tanggapan to “Cara Mengajar Baca Qur’an untuk Remaja”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: