Abiazmi’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Macam-macam Ulama

Macam-macam Ulama yang diketahui secara orang  awam:

  • Ulama karena mempunyai pesantren, yang santrinya banyak, mustaminya banyak, ilmunya banyak, manfaat kepada masyarakatnya banyak, pengaruh kepada pemerintahnya banyak, santrinya banyak yang sudah mendirikan pesantren, aktiv diorganisasi keislaman, kurang dekat dengan keperintahan,  kemandiriannya besar.
  • Ulama kreaterianya sama dengan di atas, tapi lebih dekat dengan kepemerintahan.
  • Ulama kreterianya hampir mirip, tapi santrinya sedikit, aluminya sedikit, tidak dekat dengan keperintahan.
  • Ulama kreterianya hampir mirip, tapi kini santrinya sedikit ,pengaruhnya kepada kemerintahan sedikit, kurang manfaat kepada masyarakat, kurang mustami’nya. kurang mandiri, sangat dekat dengan keperintahan.
  • Ulama punya pesantren, santrinya banyak , tapi santrinya merasa dia bukan gurunya, karena dia sibuk dengan organisasi pemerintah . Ilmunya kurang, banyak menyalahkan orang lain yang tidak sepaham dengan dia. Dia mau mendo’akan kepada orang yang mau mengaji pada pengajian mingguannya.Yang merasakan dia guru adalah orang tuanya santri, karena dia sangat setia mengajar pengajian mingguannya. Ulama ini kurang disenangi masyarakatnya, karena dia jarang hadir bahkan gengsi untuk menghadiri masyarakat kecilnya, kebiasaan dia bergaul dengan para pejabat . Dia mau hadir kalau dia jadi mubaligh pada acara tersebut.Masyarakat mau mengaji, karena pengajiannya enteng, banyak mengobral ganjaran.
  • Ulama karena dia bergabung dengan majlis ulama, karena sering bergaul dengan para ulama. Tidak punya pesantren, ilmunya kurang, majlis ta’lim kurang, pengaruhnya kurang, manfaatnya kurang, sangat dekat dengan kepemerintahan.
  • Ulama karena dia sering menulis buku dan artikel keislaman suka jadi khotib, suka  ceramah, sarjana , dekat dengan pemerintahan dan pengaruhnya besar, bukan latar belakang kepesantrenan.

Satu Tanggapan to “Macam-macam Ulama”

  1. ada kriteria yang lain?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: