Abiazmi’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Kantor Pos Berpindah-pindah Tempatnya

Ketika  jaman Westerling Kantor Pos Batujajar berpindah-pindah tempatnya. Pak Komis, pada saat itu Bapak O. Sastramiharja merasakan adanya ancaman dari Pasukan Westerling. Pasukan Westerling ingin merebut segala dokumen yang penting yang ada di Kantor Pos Batujajar. Selain itu, mereka memaksa pegawai Kantor Pos Batujajar dapat bekerja sama dengan Westerling. Semua pegawai Kantor Pos tidak ada yang  mau bekerja sama dengan Westerling. Untuk mengamankan semuanya , termasuk semua dokumen dibawa evakuasi ke daerah yang aman. Dari Batujajar  mengadakan evakuasi ke daerah Cihampelas. Westerling mengejar ke Cihampelas, lari evakuasi  ke Cipatik, ke Situwangi, sampai ke daerah Cililin. Di Cililinpun tidak merasa aman, westerling terus menerus mengejar, pergi ke Tasikmalaya  ke daerah Singaparna, tempat kelahiran Bapak O. Sastramiharja. Sekalipun jauh, jarak dari Tasikmalaya ke  Batujajar , tugas sebagai pelayan masyarakat tidak diabaikan. Hanya pekerjaannya tidak cepat , dan kurang effektif.

Untuk memudahkan evakuasi , semua dokumen dimasukkan ke dalam karung, surat-surat yang harus sampai ke alamatnya diklasipikasikan sesuai alamat daerahnya.  Surat-surat yang telah dikemas sesuai dengan alamat daerahnya , segera dikirimkan, bersamaan dengan waktu berangkat evakuasi. Surat-surat yang belum terkirimkan disimpan dengan rapih,  ditangguhkan pengirimannya,menunggu waktu dan petugas yang memungkinkan mengadakan pengiriman. Semua dokumen yang dikemas dimasukkan ke dalam karung itu diangkut menggunakan kendaraan roda empat, termasuk para pegawai Kantor Pos, beserta keluarganya. Pada rombongan evakuasi tersebut ada orang tua penulis, Ibu Hj. Siti Sarha dan Bapa Fahrudin yang pada saat itu baru punya anak tiga, yakni Moh. Sofyan, Dimyati, dan Siti Maryam.

Dengan menggunakan kendaraan roda empat ,memungkinkan untuk berpindah dari satu  tempat ke tempat yang lain,dan sekaligus bisa membuka pelayanan kepada masyarakat.

Kantor Pos menetap  lagi di Batujajar,  setelah aman dari ancaman pasukan Westerling.

(Sumber cerita ini, hasil wawancara lansung dengan Ibu Hj. Siti Sarha, yang pada saat itu sebagai Pegawai Kantor Pos Batujajar)

Belum Ada Tanggapan to “Kantor Pos Berpindah-pindah Tempatnya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: