Abiazmi’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Pahlawan Kebersihan

Memberi suatu pekerjaan yang mulia. Memberi sangat bermanfaat untuk kepentingan ummat, sekalipun pemberian itu kecil. Pemberian kecil akan berkembang menjadi manfaat yang besar.

Pemberian kecil maksudnya pemberian yang semula dipandang  tidak berarti oleh seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai nilai manfaat

Mereka berpandangan bahwa pemberian itu kecil:

1. Karena dibandingkan dengan kebutuhan seseorang dan seselelompok orang tersebut sangat tidak memenuhi kebutuhannya.

2. Mereka belum mengetahui manfaat yang akan muncul di kemudian hari dari pemberian kecil tersebut.

3. Mereka beranggapan bahwa pemberian  itu harus bisa memenuhi kebutuhannya.

4.Mereka tidak terbiasa mensyukuri pemberian orang lain.

Ada seseorang nenek tua  yang mempunyai kebiasaan mengambil sampah-sampah yang berserakan,baik sampah yang ada di pekarangannya maupun sampah yang ada di pekerangan tetangganya terdekat. Perbuatan itu menjadi pekerjaan sehari-harinya. Nenek merasa senang berbuat seperti itu, sekalipun tidak ada yang peduli kepadanya, tidak ada yang memberi upah. Nenek merasa ada yang hilang jika tidak melaksanakan pekerjaan itu.

Nenek tua itu jika sudah melaksanakan shalat shubuh sangat menyukai membersihkan lingkungannya, di mulai dari rumahnya, ke pekarangan rumah, jika ada waktu dan dia tidak merasa lelah terus bergerak mengambil sampah-sampah yang ada di pekarangan tetangganya dengan menggunakan karung. Semua sampah dimasukkan ke dalam karung, dikumpulkannya untuk dibakar di tempat pembakaran sampah. Demikianlah pekerjaan rutin si nenek setiap harinya. Semua pekarangan yang sudah di ambil sampahnya menjadi bersih, indah di pandang mata.

Para tetangganya semula memandang bahwa si nenek telah memberikan teladan kepada mereka dengan pemberian yang kecil ( hanya mengambil sampah-sampah yang berserakan). Setelah beberapa waktu berjalan ada yang tertarik dengan pekerjaan si nenek itu, dia merasa nikmat atas pemberian tersebut. Dia tertarik ingin berbuat seperti pekerjaan  si nenek. Dia mengajak orang terdekatnya untuk berbuat seperti si nenek. Lama kelamaan banyak yang merasakannya dan sama-sama berbuat seperti si nenek. Pada akhirnya masyarakat bergerak sama untuk membersihkan pekarangannya masing-masing.

Kini kampung tersebut menjadi bersih,asri , indah dipandang mata, tidak ada sampah yang berserakan. Kini kampung tersebut dikenal dengan sebutan “Kampung Bersih”.

Masyarakat dan para aparat bahagia dan sepakat untuk mempertahankan kampung bersih.Si Nenek diusung oleh masyarakat dan diberi rekomendasi dan didaulat sebagai pahlawan kebersihan lingkungan.Kini nenek tua itu menjadi besar setelah memberi pekerjaan kecil.

Belum Ada Tanggapan to “Pahlawan Kebersihan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: