Abiazmi’s Weblog
Just another WordPress.com weblog

Pembinaan Remaja

Semakin hari penuh hiruk pikuk berbagai problema, baik yang diperhatikan atau tidak, yang dirasakan atau tidak. Problema itu mengalir bagaikan air mengalir deras ke permukaan bumi. Mengalir dari hilir ke hulu , mencari lorong-lorong  masuk merasuk ke berbagai kesempatan, peluang untuk mengalir .

Problema itu hadir di berbagai kesempatan, tak mengenal waktu, tempat dan keadaan. Semuanya kebagian, mulai dari usia anak, remaja, dewasa , apalagi orang tua. Problema itu tak dapat dibendung.Problema satu hilang muncul problema baru menggoda. Terkadang menumpuk berbagai problema hinggap dalam satu pikiran.

Bila terjadi seperti itu, maka terjadilah kebingungan, frustasi , stres, defresi dan sebagainya hingga tak sedikit yang bunuh diri. Bunuh diri terjadi akibat tidak percaya diri, merasa tak ada jalan lagi untuk mendapatkan solusi. Cara ini salah satu tindakan yang  tidak terpuji.

Masa Remaja  adalah masa yang banyak menemukan problema. Masa ini penuh dengan kebimbangan,penuh keinginan, penuh percobaan. Untuk memenuhi semua keinginannya remaja tak takut berbuat salah, berbuat masa bodoh, tidak peduli dengan berbagai aturan berlaku .

Prilaku itu terus-menerus dilakukannya sehingga muncul kenakalan remaja. Kenakalan remaja diakibatkan oleh ketidaksiapan .mental  remaja untuk tetap berpegang kepada aturan yang seharusnya.

Kekuatan mental remaja tergantung pembinaan yang diberikan oleh lingkungannya. Pembinaan yang benar akan mengarah kepada pembentukan mental yang kuat terhadap remaja. Remaja yang  bermental kuat akan mempunyai moral yang  tinggi. Remaja yang bermental kuat dan bermoral tinggi akan menjadi idaman semua insan.

Pembinaan remaja ternyata sangat dibutuhkan yang sangat diharapkan oleh semua pihak. Masa remaja masa yang sangat strategis untuk dibina sebagai generasi penerus  yang berkwalitas.

Pembinaan remaja tidak bisa di lihat sebelah mata. Semua pihak berkewajiban untuk membina mereka. Jika terjadi ketimpangan, pembinaan tidak sempurna. Pembinaan yang tidak tuntas akan mengakibatkan  ketidak berhasilan menelorkan generasi masa depan yang mapan, akan melahirkan generasi  tanggung. Generasi tanggung akan mengakibatkan kepesimisan menatap masa depan bangsa. Generasi bangsa masa depan tergantung masa generasi sekarang. Generasi tanggung tidak akan dapat memimpin bangsa . Bangsa yang dipinpin oleh generasi tanggung akan hancur berantakan. Generasi tanggung tidak akan merealisasikan keadilan melainkan melanggengkan kedoliman.

Pembinaan yang tidak tuntas diakibatkan diantaranya oleh :

  1. Ketidakseriusan semua pihak menyelenggarakan pembinaan
  2. Ketidak seragaman persepsi para pembina
  3. Hilangnya kepedulian lingkungan untuk membinanya
  4. Hilangnya keteladanan dari para pembina
  5. Telah terjadi kefrustasian para pembina akan keberhasilan pembinaan.
  6. Pengaruh globalisasi yang tidak terbendung

Semoga semua pihak dapat memperbaiki,bagaimana pembinaan itu bisa kontinyu , dapat diminati para remaja, dapat berhasil guna mewujudkan generasi yang tangguh sukses demi masa depan yang cemerlang.

.

Belum Ada Tanggapan to “Pembinaan Remaja”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: